Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   
Home » » Cara kerja Manipold absolute preasure sensor (MAPS)

Cara kerja Manipold absolute preasure sensor (MAPS)

Posted by Teknologi Otomotif on Sabtu, 10 September 2016

Prinsip dan cara kerja MAP Sensor atau fungsi map sensor. Manifold Absolute Pressure (MAP Sensor) pada mobil bermesin Injeksi adalah alat atau komponen untuk mendeteksi tingkat kevacuuman pada intake Manipol karena hisapan dari Mesin EFI, yang dirubah menjadi nilai tegangan yang dikirim ke ECU mesin.

Selanjutnya dari ECU mesin EFI informasi yang berasal dari tegangan output MAP sensor akan diteruskan ke Injektor untuk memberikan Suplai sejumlah bahan-bakar sesuai kebutuhan mesin, gambaran mudah nya seperti itu.



MAP Sensor Honda Civic Genio
MAP sensor bisa ditemukan pada Mobil EFI dengan Mesin EFI Tipe D seperti contohnya Avanza/Xenia ,Terios/Rush, Kijang LGX EFI, Soluna EFI TwinCam, Toyota Great Corolla, Honda Cr-V, Honda Jazz Matic 2006 dan lain-lain.

Mesin EFI tipe D ini juga bisa tetap dihidupkan tanpa MAP Sensor tetapi efeknya adalah konsumsi bbm yang terlalu boros sampai 1 liter untuk 4 kilometer akan tercium juga bau bensin yang tajam dari knalpot.

Cara Kerja MAP Sensor Mobil Injeksi



MAP sensor untuk kebanyakan mobil EFI memiliki tiga terminal atau Tiga Kabel yang terhubung ke ECU mesin dan diantara ketiga kabel pada tersebut tidak boleh terjadi short atau konslet.

MAP sensor terhubung dengan slang menuju intake manipol, ada kendaraan yang masih bisa hidup kalau slang ini terlepas dan ada yang langsung mati mesin nya. Tergantung besarnya lubang yang ada pada saluran di manipol yang menuju MAP Sensor.

Fungsi ketiga kabel atau terminal pada Map Sensor mobil efi:
1. E2 adalah Terminal atau kabel untuk (-) Ground
2. VC adalah 5 volt Dc saat kunci kontak ON setelah melewati Regulator tegangan yang terdapat pada ECU.
3.PIM adalah terminal yang memberi sinyal ke ECU tentang kondisi Kevacuuman pada intake manipol dan nilai tegangan nya berubah-ubah sesuai kevacuuman.



Nilai tegangan di terminal PIM pada MAP Sensor mendekati angka 5 volt saat kunci kontak ON dan saat thotle valve atau katup gas di buka menghentak secara mendadak untuk untuk memberi suplai bbm lebih banyak ke Injektor.

Seperti uraian di atas mobil EFI masih bisa hidup tanpa Map Sensor tetapi boros bensin karena pada terminal PIM tetap terdapat nilai tegangan mendekati 5 volt meski soket MAP sensor dilepas. Tegangan ini berasal dari sirkuit di dalam ECM/ ECU. Lihat gambar Bagian ECM diatas terdapat semacam fungsi resistor “bukan berarti resistor” yang mem-baypas tegangan VC menuju terminal PIM.

Sedangkan ketika mesin hidup secara normal tegangan yang terdapat pada terminal PIM bervariasi mulai 1,5 volt hingga 4,9 volt.

Sedangkan untuk mobil honda kita akan menemukan nama lain dari terminal MAP sensor,yaitu terminal V,terminal G dan terminal O dengan fungsi yang sama.

Fungsi Terminal Pada Map Sensor Honda Genio
Pada terminal V merupakan suplai 5 volt dari Ecu mesin
Fungsi terminal G adalah untuk ground
Fungsi terminal O adalah out put map sensor untuk informasi kevakuman intake manifold.

Untuk honda Civic Genio nama terminal V,G dan O pada MAP sensor sudah tertulis pada badan Map sensor.

SHARE :
CB Blogger

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 Teknologi Otomotif. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger